Book Nerd

Vegetarian :book review

author :Hang Kang
Buku yang saya dapat dari jalan jalan di @post_santa. Ramadhan lalu.

Well,novel terjemahan Deborah ini menceritakan seputar Hyong Hye,tokoh utama perempuan,yang tiba-tiba menjadi vegan karena bermimpi. Berubah drastis dengan sama sekali tidak makan daging bahkan ke level yang lebih ekstrims dengan tidak makan sama sekali yang akhirnya Hyong Hye jatuh sakit.

Agak aneh y, novel pemenang Man Booker International Price 2016 ini,memang begitulah, si Hyong Hye, selalu dibayangi mimpi buruk kalau dia makan daging.Walau potongan potongan mimpi buruk tersebut tersebar di banyak halaman buku,intinya perubahan Hyong Hye menjadi vegan garis keras sepertinya diilhami bahwa kalau makan daging berarti manusia bertahan hidup dengan menghilangkan nyawa hewan.

Novel ini, agak susah saya pahami.Belakangan novel ini saya diberitahu klo novel ini bergenre fiksi surealis klo tidak salah y.Well, it is not my cup of tea.Novel tak lebih dari 222 halaman ini tetap bikin penasaran dibaca.Coba baca yang bagian tiga dan dua deh.

Bagian satu masih seputar awal mula bagaimana Hyong Hye menjadi vegan,dan konflik dengan Hyong Ho,suami Hyong Hye karena membuang daging dan telur di kulkas dan hanya memasak sayur hambar.Juga konflik dengan ayah Hyong Hye yang ‘memaksa’agar Hyong Hye makan daging saat acara keluarga yang berakhir Hyong Hye menyanyat pergelangan tangannya sendiri.Bagian satu bisa dikatakan dari sudut pandang suami Hyong Hye.

Bagian dua dari sudut pandang kakak ipar Hyong Hye, sang seniman eksentrik. Bagian Ketiga dari sudut pandang In Hye,kakak Hyong Hye.

Menjelang akhir novel,tokoh utama semakin merasa dirinya adalah ‘bunga’ atau tumbuhan.Dengan berdiri terbalik dengan kedua tangan yang dianggap sebagai akar dan berjemur krn merasa ‘bisa’berfotosintesis.

Well yg saya tangkap dari novel ini adalah tentang Perubahan.Kalau perubahan dilakukan secara instan atau langsung berubah maka akan muncul reaksi ‘tak siap’,dicap ‘aneh’ atau ‘gagap menanggapi’dan tak jarang ‘konflik’ diri sendiri maupun lingkungan sekitar.
Ok,ya kira kira begitu.

#instabook#reading#bookish#bookreview#bookstagram#igreads#igbook#amreading

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s